Translate

Senin, 23 Juni 2014

PERISTIWA-PERISTIWA DI BULAN RAMADHAN

PERISTIWA-PERISTIWA DI BULAN RAMADHAN
1. Turunnya al-Qur`an
"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran." (QS. Al-Baqarah: 185)
Dan ayat pertama kali yang turun di dalam al-Qur`an adalah [اقْرَأْ], turun pada hari Senin, di waktu malam Lailatul Qadar bulan Ramadhan, tahun 13 SH (Juli 610 M) Jumhur ulama mengatakan tangal 17 Ramadan, namun beberapa sahabat mengatakan bahwa itu terjadi pada tanggal 24, dan masih ada pendapat-pendapat lainnya. Wallahu a'lam.
2. Islamnya Khadijah , dia adalah manusia pertama yang beriman kepada Nabi , dan di dalam bulan Ramadhan pula dia wafat .
3. Sariah (pasukan perang yang tidak diikuti oleh Rasulullah ) Hamzah , bendera pertama kali yang ditegakkan oleh Rasulullah . Kejadian tersebut terjadi pada penguhujung tujuh bulan setelah hijrah beliau. Pasukan tersebut terdiri dari 30 penunggang onta, menuju pantai dan mencapai tepi laut. Mereka akan menghadang kafilah Quraisy yang datang dari Syam menuju Makkah. Diantara mereka ada Abu Jahal, terdiri dari 300 penunggang onta, merekapun bertemu, dan berbaris untuk perang. Maka berjalanlah Majdi ibn 'Amr al-Juhani di tengah-tengah mereka hingga kedua belah pihak berpisah tanpa ada peperangan.
4. Diwajibkannya zakat fitrah dan zakat yang memiliki nishab, dan disyariatkan pula shalat 'Ied (tahun ke-2 Hijriah)
5. Perintah berjihad (tahun ke-2 H)
6. Perang Badar besar (pada hari Jum'at, 17 Ramadhan, tahun ke-2 H), yang disebut al-Qur`an sebagai yaumul furqan (hari pembeda). Jumlah kaum muslimin kala itu 313 orang laki-laki, dengan satu orang penunggang kuda. Mati syahid 14 orang. Adapun orang-orang musyrik berjumlah 1000 orang; diantara mereka 80 penunggang kuda, 70 orang terbunuh, dan 70 orang lainnya tertawan. Ikut serta dalam peperang tersebut 1000 malaikat yang berbaris.
7. Masuk Islamnya delegasi Tsaqif (tahun ke-7 H)
8. Wafatnya Fathimah binti Rasulillah (tahun ke-11 H)
9. Terbunuhnya Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalif , di Kufah. Dibunuh oleh orang Khawarij, Abdurrahman bin Muljam al-Humairi, pada subuh 27 Ramadhan 40 H, sementara beliu berusia 58 tahun. Kekuasaan beliau berlangsung empat tahun, tujuh bulan dan enam hari.
10. Kemenangan terbesar (fathu Makkah) Terjadi pada tanggal 10 Ramadhan tahun ke 8 H, disebut juga fathul futuh, karena saat itu saat manusia masuk berbondong-bondong ke dalam agama Islam sebagai pengaruh dari fathu Makkah. Pada peristiwa itu Abu Sufyan dan sejumlah tokoh-tokoh Quraisy masuk Islam. Di dalamnya diperintahkan untuk menghancurkan berhala di sekitar Ka'bah.
11. Kematian Ummul Mukminin Aisyah (58 H)
12. Terjadinya peperangan Balathus Syuhada` (Nisan Para Syahid) (114 H, Oktober 732 M) di dataran Perancis di atas tepi sungai Liwar, yang mana kaum muslimin dikomandoi oleh Abdurrahnman al-Ghafiqi. Pada peperangan tersebut kaum muslimin mengalami kerugian, dan itu adalah usaha terakhir yang dilakukan oleh khilafah dalam membuka negeri Barat untuk menyampaikan Islam kepadanya.
13. Peperangan Ain Jalut (658 H, 6 September 1260 M) yang dimenangkan oleh kaum muslimin yang dipimpin oleh Raja Mudzaffar atas Tartar yang tidak ada bandingannya kala itu, sejak mereka mulai menyerbu Negeri Timur Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar