Translate

Senin, 23 Juni 2014

Mengapa bahasa, perawakan tubuh dan warna kulit kita berbeda-beda padahal kita berasal dari satu manusia yaitu bapak kita Adam Alaihissalam?

BUKANKAH KITA DARI ASAL YANG SAMA YAKNI ADAM ALAIHISSALAM
Pertanyaan: Assalamu'alaikum. Mengapa bahasa, perawakan tubuh dan warna kulit kita berbeda-beda padahal kita berasal dari satu manusia yaitu bapak kita Adam Alaihissalam? Terima kasih.
Al-Fath, di Kendari – Sulawesi.
Jawaban:
Wa'alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.
Alasannya adalah karena manusia butuh mengenali satu sama lain. Kalau semua manusia sama maka sulit bagi kita menjalani hidup ini. Coba bayangkan bila di depan kita ada dua orang saudara kembar maka kita akan kesulitan membedakannya. Bagaimana pula dengan seorang guru bila ia masuk kelas dan ia dapati semua muridnya sama, bagaimana ia bisa membedakan mereka?
Juga, bagaimana seseorang akan menikahi wanita yang sama dengan ibu atau saudari perempuannya. Semua itu memotivasi kita untuk memikirkan dan men-tadabburi-nya. Diantara hikmah dari perbedaan itu juga adalah agar kita bisa membedakan antara penjahat dengan orang baik yang patut dihormati. Dari sini kita menyadari bahwa perbedaan antara manusia merupakan kelembutan ALLAH Ta'ala kepada mereka, karena mereka butuh perbedaan tersebut.
Oleh karenanya kita tidak banyak mendapatkan perbedaan di kalangan binatang karena persamaan mereka tidak berdampak buruk; sehingga kita dapati mayoritas ayam sama bentuknya, begitu juga dengan kambing, sapi, dan lain sebagainya. Demikianlah penjelasan singkat dan sederhana ini. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar